PT
ASTRA DAIHATSU
ADM di Indonesia memiliki kapasitas
terpasang terbesar domestik untuk kendaraan roda empat, serta didukung dengan
kelengkapan infrastruktur yang menunjang teknologi produksi dan rancang bangun
secara komprehensif. Fasilitas produksi ADM terdiri dari lima pabrik, yaitu
Sunter Assembly Plant, Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Karawang
Engine Plant dan Karawang Assembly Plant, dan didukung dengan sentra suku
cadang di Cibitung, yang secara keseluruhan memiliki kapasitas produksi
terpasang sebesar 530.000 unit per tahun. Untuk memastikan teknologi dan proses
produksi kelas dunia, ADM melakukan proses perbaikan dan evaluasi secara
berkesinambungan, antara lain dengan proses perbandingan (benchmarking) untuk
menyetarakan praktik dan fasilitas produksi otomotif terbaik di Jepang dan
Eropa. Secara berimbang, ADM juga mengoptimalkan kemampuan pengembangan dan
penelitian (Research & Development/R&D) untuk memenuhi kebutuhan
konsumen otomotif dalam memiliki kendaraan yang bervariasi, handal, dan
terjangkau. Kegiatan R&D dilakukan di Pusat Penelitian & Pengembangan
(R&D Center), yang dilengkapi dengan studio desain untuk pembuatan mock up
produk baru, test course untuk uji coba kendaraan pada lebih dari 20 jenis
simulasi kondisi jalan yang terdapat di tanah air, dan fasilitas Engineering
Center yang berfungsi memberikan jaminan kualitas produk yang dihasilkan.
Dengan kelengkapan fasilitas dan keahlian tim R&D, ADM telah berhasil
melakukan berbagai terobosan inovasi, baik pengembangan produk kendaraan baru
maupun perbaikan proses bisnis yang telah berjalan. Beberapa hasil karya ADM
yang telah dikembangkan untuk konsumen domestik dan juga telah berhasil
diekspor adalah Astra Daihatsu Sigra dalam kategori LCGC, serta model terbaru
Daihatsu Xenia yang dilengkapi mesin hasil pengembangan tim ADM. Kegiatan R&D
terkait proses produksi mendukung berbagai inisiatif efisiensi dan
produktivitas, dalam kaitan lokalisasi konten kendaraan maupun perbaikan
struktur biaya.
ADM senantiasa mengedepankan layanan yang terbaik bagi pelanggan sesuai dengan filosofi “Daihatsu Sahabatku”. Karenanya, pengembangan jaringan layanan merupakan agenda kerja utama untuk selalu hadir dan dekat dengan pelanggan. Implementasi strategi pengembangan difokuskan untuk memaksimalkan jangkauan distribusi baik dengan outlet VSP (vehicle, service, parts) yang menawarkan layanan penjualan dan purnajual secara komprehensif, maupun dengan outlet penjualan yang ditunjang dengan tim Daihatsu Mobile Service yang memberikan layanan purnajual di lokasi pemilik kendaraan. Kegiatan penjualan dilakukan melalui 237 outlet di tahun 2017, dari 230 outlet di tahun sebelumnya. Sedangkan layanan purna jual didukung oleh 183 bengkel resmi dan 3.178 toko suku cadang, dibandingkan 177 bengkel dan 3.153 toko suku cadang di tahun 2016.
ADM senantiasa mengedepankan layanan yang terbaik bagi pelanggan sesuai dengan filosofi “Daihatsu Sahabatku”. Karenanya, pengembangan jaringan layanan merupakan agenda kerja utama untuk selalu hadir dan dekat dengan pelanggan. Implementasi strategi pengembangan difokuskan untuk memaksimalkan jangkauan distribusi baik dengan outlet VSP (vehicle, service, parts) yang menawarkan layanan penjualan dan purnajual secara komprehensif, maupun dengan outlet penjualan yang ditunjang dengan tim Daihatsu Mobile Service yang memberikan layanan purnajual di lokasi pemilik kendaraan. Kegiatan penjualan dilakukan melalui 237 outlet di tahun 2017, dari 230 outlet di tahun sebelumnya. Sedangkan layanan purna jual didukung oleh 183 bengkel resmi dan 3.178 toko suku cadang, dibandingkan 177 bengkel dan 3.153 toko suku cadang di tahun 2016.
Konflik di PT Astra
Daihatsu
1. tingkat
kehadiran Persepsi responden terhadap kemampuan karyawan Persepsi responden
terhadap produktivitas
2. hubungan
atasan dan bawahan Persepsi responden terhadap tingkat hubungan antar karyawan
3. Konflik
vertikal
konflik yang terjadi antara karyawan yang memiliki kedudukan yang tidak
sama dalam organisasi
4. Konflik
horizontal
konflik antar karyawan, atau antar departemen yang setingkat
5.
Komunikasi yang buruk, dalam arti komunikasi
yang menimbulkan kesalahpahaman antara pihak-pihak yang terlibat
6. Public
Relations Officer
masih kurang dalam menciptakan upaya untuk memperat rasa
kekeluargaan diantara karyawan
7. Public
Relations Officer
belum mampu menyelaraskan keinginan dan target perusahaan
dengan keinginan dan harapan
karyawan
Penyelesaian
Masalah Di PT Astra Daihatsu
1. Membina
hubungan baik dengan para Karyawan dan Atasan PT Astra
2. Communicator
artinya
kemampuan sebagai komunikator baik secara langsung maupuntidak langsung
3. Relationship
kemampuan
peran PR/Humas membangun hubungan yang positif antara lembaga yang diwakilinya
dengan publik internal dan eksternal
4. Back Up Management
melaksanakan dukungan manajemen atau
menunjang kegiatan lain, seperti manajemen promosi, pemasaran, operasional,
personalia, dan sebagainya untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu kerangka
tujuan pokok perusahaan/organisasi
5. Good Image Maker
menciptakan citra atau publikasi yang positif
merupakan prestasi, reputasi dan sekaligus menjadi tujuan utama bagi aktivitas public relations dalam melaksanakan
manajemen kehumasan membangun citra atau nama baik lembaga/organisasi dan
produk yang diwakilinya
Komentar
Posting Komentar