Organisasi dan Metode # - Kegiatan - kegiatan dalam organisasi yang masuk dalam ruang lingkup Organisasi dan metode Pt astra



STRUKTUR ORGANISASI PT .ASTRA



Struktur organisasi perusahaan







1. Direksi
       Tugas :
  • suatu usaha yang bakal dijalankan oleh sebuah perusahaan
  • kendali penuh atas perusahaan dan bertanggung jawab secara total terhadap kemajuan perusahaan. 
  • Menyusun visi, misi, dan nila nilai serta rencana strategis Perseroan dalam bentuk rencana korporasi 
  • Menetapkan struktur organisasi Perseroan lengkap dengan rincian tugas setiap divisi dan unit usaha
 Direksi bertanggu jawab atas:
  • Mewakili dan mengikat Perseroan dengan pihak lain; 
  • mengangkat seorang atau lebih sebagai wakil atau kuasa untuk melakukan tindakan tindakan tertentu berdasarkan surat kuasa 

2. Direktur Utama
        Tugas:
  • untuk mengkoordinir semua kegiatan dalam bidang kepegawaian, administrasi keuangan dan kesektariatan.
  • dalam mengendalikan pengadaan peralatan & perlengkapan
  • membuat rancangan untuk mengembangkan dari sumber pendapatan, membuat rancangan pembelanjaan kekayaan perusahaan,
  • memimpin dan bertanggung jawab atas semua dewan atau komite exekutif.
  • menawarkan ide-idenya dalam memajukan perusahaan di tingkat tertinggi (Kerja sama denngan MD/CEO)
  • memimpin rapat dan mewakili perusahaan dalam berhubungan dengan pihak luar perusahaan.
Direktur Utama Bertanggung jawab atas:
  • bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan direktur tidak menjalankan kepengurusan sesuai dengan maksud dan tujuan anggaran dasar
3. Direktur
        Tugas:
  • membuat prosedur ketetapan untuk tiap manajer dalam mencapai tujuan dan sasaran perusahaan.
  • mengkoordinir setiap kegiatan dari para manajer serta menerima pertanggung jawabannya secara periodik.
Direktur Bertanggung Jawab Atas:
  • memiliki wewenang untuk mengangkat, mengganti, atau memberhentikan karyawan dan pegawainya
  • menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan maksud dan tujuan PT anggaran dasar,
 4.  Direktur Keuangan 
             Tugas  :
  • membentuk organ lagi dibawahnya yang setingkat dengan jumlah yang ditetapkan dan disetujui dari Dewan Direksi.
  • mengawasi seluruh operasional keuangan yang ada di perusahaan, bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada kaitannya dengan keuangan.
  • membuat prosedur pelaksanaan yang berkaitan dengan keuangan secara rinci serta menetapkan standar kerja lapangan demi menjamin agar tidak terjadi kebocoran di bidang keuangan.
Direktur Keuangan Bertanggung Jawab atas:
  •   Mempersiapkan sistem akuntansi Perseroan berdasarkan prinsip-prinsip pengendalian internal, khususnya pemisahan fungsi manajemen, fungsi pencatatan, fungsi penyimpanan serta fungsi pengawasan; 


5. Direktur Personalia
         Tugas:
  • mengembangkan sistem perencanaan personalia serta mengendalikan suatu kebijakan untuk para pegawai.
  • melayani kebutuhan administrasi pagawainya dan melaksanakan pembinaan untuk pengembangan staff administrasi.
Direktur Personalia Bertanggung Jawab atas:
  • Penerimaan tenaga kerja koordinasi dengan labour supply
  • Menyiapkan perjanjian kerja dengan karyawan baru
  • Menyiapkan internal letter dan outgoing letter  
  • Memperbaharui/update dan record data 

6. Manajer
        Tugas :
  • Memberi pengarahan dalam membuat keputusan, kebijaksanaan, supervisi dan sebagainya
  • Merancang organisasi & pekerjaan.
  • Menyeleksi, menilai, melatih dan mengembangkan pegawai atau calon pegawainya
  • Mengatur dan mengendalikan sistem komunikasi
  • Membuat sistem reward.
Manajer Bertanggung Jawab atas:
  • Menyelesaikan tujuan organisasi atau perusahaan dengan mengelola staf sesuai dengan departemen
  • perencanaan dan evaluasi kegiatan sebuah organisasi Pt Astra
  • menjalankan proses atau fungsi manajemen Di Pt Astra
  • membuat perencanaan serta mengambil keputusan

7. Manajer Personalia
           Tugas:
  • membuat rencana, pembagian kompensasi, mengembangkan, dan pemeliharaan tenaga kerja agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
  • mengatur organisasi, mengendalikan unit personalia, mengurus proses administrasi seluruh kegiatan personalia
  •  mengurus prosedur perekrutan dengan seleksi, ujian, wawancara serta membuat sistem nilai untuk kinerja karyawannya.

8. Manajer Pemasaran
          Tugas:
  • memasarkan haslil produksi perusahaan
  • membuat rencana dan rancangan strategi pemasaran produksi sesuai dengan trend pasar.
  • melakukan riset marketing sesuai perkembangan pasar, membuat operasioanl informasi perusahaan yang efisien dan melaporkan hasil kerjanya pada direktur secara berkala.
Manajer Pemasaran Bertanggung Jawab atas:
  • Laku tidak Lakunya produk di pasaran 
  • Rusaknya Barang yang telah di distribbusikan kepada konsumen

9.   Manajer Pabrik
          Tugas:
  • memiliki tanggung jawab penuh terhadap pabrik 
  • mengantisipasi dan mengatasi segala persoalan yang ada kaitannya dengan produksi perusahaan bersama divisi lain.
Manajer Pabrik Bertanggung Jawab atas:
  • pengadaan barang serta produksi.
  • harus kumplit barang yang diproduksi pt astra

10. ADM & Gudang
           Tugas:
  • melakukan pendataan dan pembukuan terhadap seluruh transaksi yang terjadi.
  • untuk mengecek segala administrasi & transaksi yang ada kaitannya dengan jalannya perusahaan
  • mengurus hal-hal yang memiliki kaitan dengan pihak Outsourcing
  •  membuat laporan tentang pengeluaran & pemasukan terhadap uang harian di perusahaan.

11.  Divisi Regional
           Tugas:
  • mengelola aset perusahaan serta menjalankan bisnis perusahaan sesuai arahan dari perusahaan
  • menyepakati target kerja bersama dengan direksi.
  • melaksanakan prosedur & kebijakan baku yang sudah ditetapkan perusahaan, beroperasi sebagai badan usaha yang memberikan keuntungan pada pemodal serta meningkatkan aset perusahaan.









 

Komentar